Implementasi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika bagi Siswa Disabilitas Intelektual Ringan

Main Article Content

Awan Kurniawan
Asrorul Mais
Renalatama Kismawiyati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika bagi siswa disabilitas intelektual ringan di Sekolah Luar Biasa (SLB). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SLB Negeri Patrang Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar, membantu pemahaman konsep matematika melalui penyelesaian masalah kontekstual, serta memperbaiki kemampuan sosial siswa. Guru berperan sebagai fasilitator yang membimbing siswa melalui skenario pembelajaran berbasis masalah dengan penggunaan media konkret dan bahasa yang disederhanakan. Tantangan dalam implementasi meliputi waktu yang terbatas dan kebutuhan akan perencanaan yang matang. Temuan ini menunjukkan bahwa PBL efektif digunakan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang adaptif dan bermakna untuk siswa disabilitas intelektual ringan. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan bagi guru pendidikan khusus untuk mengembangkan pembelajaran inovatif yang responsif terhadap kebutuhan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kurniawan, A., Mais, A., & Kismawiyati, R. (2025). Implementasi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika bagi Siswa Disabilitas Intelektual Ringan. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 1458–1463. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.10269
Section
Articles

References

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods. California: SAGE Publications.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). California: SAGE Publications.

Yulianti, K., & Murdiyani, N. M. (2020). Etika Penelitian dalam Pendidikan Khusus: Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Khusus Indonesia, 3(2), 75–84.

Hidayat, A., & Setiawan, D. (2021). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika bagi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Khusus, 7(1), 12–20.

Nasution, A. R. (2022). Pembelajaran matematika untuk siswa tunagrahita ringan menggunakan media konkret. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 4(2), 88–95.

Sari, R. P., & Prasetyo, Y. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap keterampilan sosial siswa berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 6(2), 45–52.

Utami, L., & Rahayu, E. (2020). Pelatihan guru pendidikan khusus dalam penerapan model pembelajaran inovatif. Jurnal Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 55–62.

Yuliana, D., & Hermawan, A. (2023). Peran guru dalam implementasi model problem based learning pada siswa disabilitas intelektual. Jurnal Inklusi Pendidikan, 5(1), 33–41.