Strategi Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kemampuan Akademik Peserta Didik Disabilitas Intelektual di Sekolah Inklusif

Main Article Content

M Burhanudin
Asrorul Mais
Renalatama Kismawiyati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pembelajaran inovatif dalam meningkatkan kemampuan akademik mereka di sekolah inklusif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan guru pendidikan khusus dan peserta didik disabilitas intelektual ringan dari jenjang sekolah dasar inklusif di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inovatif, seperti pendekatan multisensori, pembelajaran berbasis proyek, serta pemanfaatan media visual dan digital, berdampak positif terhadap peningkatan pemahaman konsep, partisipasi aktif, dan kemandirian belajar siswa. Strategi itu mampu menciptakan suasana belajar yang lebih inklusif dan menyenangkan. Peran guru sebagai fasilitator pembelajaran menjadi kunci utama dalam merancang dan menyesuaikan strategi kebutuhan peserta didik secara individual. Meskipun demikian, tantangan dalam implementasi strategi inovatif masih ditemukan, seperti keterbatasan sumber daya, kurangnya pelatihan guru, dan belum meratanya pemahaman terhadap pendidikan inklusif. Oleh karena itu, dibutuhkan dukungan sistemik dari pihak sekolah dan pemerintah, serta kolaborasi antara guru, orang tua, dan tenaga pendukung lainnya. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pengembangan berkelanjutan terhadap strategi pembelajaran inovatif berbasis kebutuhan peserta didik, serta pentingnya pelatihan profesional bagi guru dalam mendukung praktik pembelajaran inklusif secara efektif dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Burhanudin, M., Mais, A., & Kismawiyati, R. (2025). Strategi Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kemampuan Akademik Peserta Didik Disabilitas Intelektual di Sekolah Inklusif. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 1682–1687. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.10270
Section
Articles

References

Fitriani, R. (2022). Model kurikulum fleksibel dalam pendidikan inklusif. Jurnal Pendidikan Khusus, 8(2), 43–52.

Hadiyanto, D. (2020). Pendekatan multisensori dalam pembelajaran anak disabilitas intelektual. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 12(2), 89–98.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2020). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Nurhadi, M. (2020). Pendekatan humanistik dalam pembelajaran inklusif. Jurnal Pendidikan Inklusif, 5(1), 20–30.

Prasetyo, B., & Sari, M. (2022). Teknik pengumpulan data dalam penelitian pendidikan disabilitas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(1), 77–89.

Pratiwi, N., & Susanto, H. (2021). Pembelajaran berbasis proyek pada siswa disabilitas intelektual. Jurnal Pedagogia, 9(2), 67–79.

Rahayu, S., & Santoso, B. (2023). Peran asesmen formatif dalam pembelajaran siswa berkebutuhan khusus. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(1), 60–72.

Sari, N., Utami, F., & Rahman, A. (2022). Hambatan implementasi pembelajaran inovatif di sekolah inklusif. Jurnal Edukasi dan Pembelajaran, 15(1), 55–66.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi Revisi). Bandung: Alfabeta.

Wibowo, T., & Fauzi, A. (2021). Media digital dalam pembelajaran siswa disabilitas. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 120–131.

Wulandari, S., & Prasetyo, A. (2021). Strategi mengajar untuk anak dengan disabilitas intelektual. Jurnal Pendidikan Khusus dan Inklusi, 14(3), 100–112.

Fitriani, R. (2022). Model Kurikulum Fleksibel dalam Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Khusus, 8(2), 43–52.

Hadiyanto, D. (2020). Pendekatan Multisensori dalam Pembelajaran Anak Disabilitas Intelektual. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 12(2), 89–98.

Rahayu, S., & Santoso, B. (2023). Peran Asesmen Formatif dalam Pembelajaran Siswa Berkebutuhan Khusus. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(1), 60–72

Sari, N., et al. (2022). Hambatan Implementasi Pembelajaran Inovatif di Sekolah Inklusif. Jurnal Edukasi dan Pembelajaran, 15(1), 55–66.

Wulandari, S., & Prasetyo, A. (2021). Strategi Mengajar untuk Anak dengan Disabilitas Intelektual. Jurnal Pendidikan Khusus dan Inklusi, 14(3), 100–112.