Pengembangan Media Pembelajaran Matematika (Papan Hitung Perkalian) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berupa Papan Hitung Perkalian guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di SDIT Utama Insani Kecamatan Panongan. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, dan distribusi. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu Rombel A dengan 10 siswa dan Rombel B dengan 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa media ini memiliki tingkat validitas sangat baik dengan rata-rata nilai 90 dari ahli materi, 80 dari ahli desain media, dan 84 dari ahli media, yang semuanya tergolong layak digunakan. Kepraktisan media berdasarkan tanggapan siswa juga tergolong tinggi dengan rata-rata skor 86,7. Berdasarkan hasil tersebut, Papan Hitung Perkalian dinyatakan efektif dan efisien sebagai media pembelajaran matematika di kelas II Sekolah Dasar.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ahmad, M. (2023). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh. Jurnal Ilmu Pengetahuan.
Ardiansyah, I. (2021). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif. Jurnal Seminar Ristek.
Cholilah, M. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdekapadapembelajaran Abad21. Jurnal Pendidikan.
Dr. H Muhammad Soleh Hapudin, M. (2022). Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo.Co.Id.
Dr. H Muhammad Soleh Hapudin, M. (2022). Pengantar Ilmu Pendidikan, 1. Jakarta.
Ernawati, D. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Pembagian Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas Iv Sd.
Febrianingsih, R. (2023). Kesiapan Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.
Febriyanti, D. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.
Handayani, F. (2023). Transformasi Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Melalui Penguatan Literasi Dan Numerasi Pada Program Kampus Mengajar Angkatan 5 Di Kota Makassar.
Hapudin, M. S. (2022). Manajemen Pembelajaran Blended Learning Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa.
Hapudin, M. S. (2022). Penguatan Nilai Kemandirian Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Pada Saat Pandemi Covid-19.
Hapudin, M. S. (2023). Bahasa Dan Pendidikan Karakter Di Lingkungan Sosial.
Hapudin, M. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Permainan Roda Jelajah Indonesia Tema 7 Untuk Siswa Kelas Iv Sdn Sukatani Ii.
Herlin, E. (2023). Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd.
Intan, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Matriks Pada Materi Perkalian Matriks.
Kharani, S. (2024). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Anak-Anak Cahaya Karya Ramaditya Adikara: Kajian Sastra Anak.
Khusnul, S. (2021). Rancangan Pengembangan .
Kristin, F. (2024). Pelaksanaan Diagnostik Kesulitan Belajar Peserta Didik Oleh Guru.
Lestari, T. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema Ekosistem Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar.
Manurung, A. S. (2020). Gerakan Literasi Matematika Bagi Siswa Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Di Sdn Kenari 07 Pagi.
Manurung, A. S. (2020). Pendidikan Karakter Membangun Siswa Yang Beradab Di Sds.
Manurung, A. S. (2023). Berpikir Kritis Dan Kreatif: Teori Dan Implementasi Praktis Dalam Pembelajaran.
Manurung, A. S. (2024). Pendidikan Karakter Membangun Siswa Yang Beradab Di Sds.
Manurung, A. S. (2024). Pendidikan Karakter Membangun Siswa Yang Beradab Di Sds.
Marini, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Game Educandy Untuk Meningkatkan Karakter Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.
Mautiah. (2024). Upaya Guru Bk Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa Smkn 3 Kota Bengkulu.
Muhibi, A. R. (2023). Menciptakan Sekolah Berkarakter Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islamic.
Mujazi, M. (2022). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.
Mujazi, M. (2023). Hubungan Antara Kedisiplinan Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.
Nugroho, A. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penulisan Bahan Ajar Dan Media Pembelajaran Inovatif Di Sdit Dan Smpit Boarding School Musi Rawas. Jurnal Dasar .
Nugroho, O. F. (2021). Menciptakan Keterampilan Guru Abad 21 Melalui Pendekatan Stem+Art.
Nugroho, O. F. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva Bagi
.
Nugroho, O. F. (2023). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Model React Dalam Mata Pelajaran Ipa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.
Nurdyansyah. (2022). Media Pembelajaran Inovatif.
Nurputri. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Permainan Tradisional Jawa Untuk Pemahaman Konsep Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Mipa.
Radila, I. (2024). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Gaya Belajar Pada Materi Perbandingan Melalui Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (Savi) Pada Siswa Smp.
Raihan, S. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Inovatif Berbasis Hypercontent Bagi Guru Sd.
Rindayanti, E. (2023). Kesulitan Calon Pendidik Dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Edukasi.
Rosyid, A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Video Berbasis Powerpoint Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Annur.
Rozie, F. (2020). Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Pencapaian Tujuan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
Rudiyanto. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Menulis Teks Berita Di Smpn 2 Garawangi Kuningan. Jurnal Penelitian Guru.
Ruswan, A. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar.
Saputro, A. (2024). Perspektif Sebagai Pengembangan Literasi Media Digital Mahasiswa.
Sarian, S. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Peningkatan Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Di Man 1 Gayo Lues.
Silaban, P. J. (2023). Sosialisasi Alat Peraga Satuan Panjang Di Upt Sd Negeri 064026 Medan Tuntungan.
Suardika, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Berbasis Media Audio Visual Animation Terhadap Hasil Belajar Ips. Jurnal Metodologi Undishka.
Sudrajat, Y. (2023). Desain Pembelajaran Addie Dalam Peningkatan Kemampuan Menulis.
Sunarno. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Kelas V Sdn 1 Batu Meranti.
Syofyan, H. (2022). The Effect Of Audiovisual Media On Students' Creative Thinking Ability In Class V Science Subject.
Viorenza, N. (2023). Penerapan Model Inkuiri Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar.
Wahyuni. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbentuk Kartu Domino Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viia Mts Alkhairaat Kalukubula Pada Materi Perkalian Dan Pembagian Bilangan Bulat. Jurnal Pedagogi.
Yulianti, F. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Praktik Sistem Penerangan Dan Panel Instrumen Kendaraan Ringan Melalui Model Discovery Learning Dengan Media Trainer Kelistrikan Pada Siswa.
Zakiah, L. (2023). Pengembanagn Alat Peraga Papan Tangga Pada Mata Pelajaran Matematika.