Dinamika Politik dan Kebijakan Pendidikan Islam di Kota Jambi: Antara Regulasi dan Realitas Lapangan
Main Article Content
Abstract
Dinamika politik dan implementasi kebijakan pendidikan Islam di era desentralisasi menunjukkan kompleksitas hubungan antara regulasi formal dan realitas lapangan. Penelitian ini bertujuan menganalisis dinamika politik lokal dalam formulasi kebijakan, mekanisme implementasi, dan kesenjangan yang terjadi antara regulasi dengan praktik pendidikan Islam di Kota Jambi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan library research, menganalisis literatur primer dan sekunder periode 2020-2025 melalui content analysis dan thematic analysis untuk mengidentifikasi pola dan tema kunci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika politik lokal mempengaruhi formulasi kebijakan melalui interaksi kompleks antara elit politik, tokoh agama, dan organisasi kemasyarakatan Islam yang menciptakan sistem patronase politik. Implementasi kebijakan menghadapi tantangan multidimensional meliputi keterbatasan kapasitas sumber daya manusia, koordinasi kelembagaan yang tidak optimal, resistensi terhadap perubahan, dan disparitas ekonomi antar daerah. Kesenjangan implementasi disebabkan oleh desain kebijakan yang tidak mempertimbangkan heterogenitas kondisi lokal, lemahnya sistem monitoring dan evaluasi, serta ketidakstabilan politik yang mempengaruhi konsistensi kebijakan. Transformasi digital dan tuntutan modernisasi menciptakan dilema antara mempertahankan nilai-nilai tradisional Islam dengan kebutuhan adaptasi perkembangan zaman. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perbaikan kebijakan pendidikan Islam memerlukan pendekatan holistik yang mengintegrasikan partisipasi stakeholder, penguatan kapasitas implementasi, dan pengembangan sistem monitoring berbasis evidensi untuk menjembatani kesenjangan antara regulasi dan realitas lapangan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adlini, Miza Nina, Dinda, Anisya Hanifa, Yulinda, Sarah, Chotimah, Octavia, & Merliyana, Sauda Julia. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Aini, Masyithoh. (2022). DESENTRALISASI PENDIDIKAN MADRASAH MELALUI OTONOMI DAERAH DI INDONESIA. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 12(1), 95–106.
Darmansah, Tengku, & Ramadhani, Putri Suci. (2025). Kebijakan Pendidikan dan Tantangan Implementasinya di Lembaga Pendidikan Islam. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 3.
Hayi, Abdul, & Alwi, Mohamad. (2023). Analisis Kebijakan Pendidikan Islam Indonesia Di Era Reformasi. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 14(1), 85–95. https://doi.org/10.47625/fitrah.v14i1.447
Hoddin, Muhammad Sholeh. (2020). Dinamika Politik Pendidikan Islam Di Indonesia : Studi Kebijakan Pendidikan Islam Pada Masa Pra-Kemerdekaan Hingga Reformasi. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), 15.
Kurniasih, Apri, Novitasari, Dwiana, Saparuddin, Muhammad, Fandi, Bima, Pimada, Luluk Humairo, Annas, Azwar, Wartini, Sri, Fadhel, Ahmad, & Hidayat, Syakir. (2025). ISLAMIC EDUCATION POLICY PRIORITIES IN ACHIEVING SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) IN HIGHER EDUCATION. Journal of Lifestyle & SDG’S Review, 5(1), 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.47172/2965-730X.SDGsReview.v5.n03.pe05280
Pasaribu, Putri Indah Amalia. (2021). Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam di Jambi Abad XX: Studi Kasus Seberang Kota Jambi. Jurnal Siginjai, 1(2), 16–24. https://doi.org/10.22437/js.v1i2.16348
Qomariyah, Erni, & Rustam, Ahmad Sultra. (2024). Kebijakan Pendidikan Agama Islam Dari Masa Ke Masa Di Indonesia. Journal Publicuho, 7(2), 643–654. https://doi.org/10.35817/publicuho.v7i2.426
Ridwan, A., Ikbal, M., & Rahman, Muhammad Zaki. (2023). Peran Politik Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Journal of Education Research, 4(3), 917–923.
Sholeh, Muh Ibnu, Fathurro’uf, Muhammad, Sokip, Sokip, Syafi’i, Asrop, ’Azah, Nur, & Andayani, Dwi. (2023). Partisipasi Stakeholder dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Pesantren. Edu Journal Innovation in Learning and Education, 1(2), 121–141. https://doi.org/10.55352/edu.v1i2.759
Tanjung, Alber, Yetti, Salma, Frinaldi, Aldri, & Syamsir. (2023). Implementasi Kebijakan Pendidikan terhadap Kebijakan Publik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 545–551. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24712
Tintingon, Josly Yakob, Lumapow, Harol Reflie, & Rotty, Viktory Nicodemus Joufree. (2023). Problematika dan Perubahan Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 798–809. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5088
Ulum, Khoirul. (2023). Kebijakan Pendidikan Agama Islam di Indonesia Pasca Reformasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(1), 25–33. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i1.9274
Vandito, Revo Linggar, Syabita, Elsa, Pratiwi, Hindry Maula, Darmawan, Muhammad, & Fatkhuri. (2024). Gap Implementasi Dalam Kebijakan Publik: Studi Kasus Implementasi Kebijakan Perpu Nomor 2 Tahun 2022 Klaster Ketenagakerjaan Tentang Pemanfaatan Pekerja Asing. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(2), 149–170. https://doi.org/10.56552/jisipol.v5i2.143
Wajihah, Nur. (2024). Evaluasi Program Pendidikan Agama Islam di Madrasah: Perspektif Stakeholder dan Implikasinya untuk Perbaikan. RES : Review of Education Studies, 1(1), 64–83.