Peranan Tokoh Youtuber Dalam Efek Perubahan Sosial Komunikasi Anak Umur 7-9 Tahun Di SDIT Serasan Sekundang, Kabupaten Muara Enim

Main Article Content

Masayu safarinda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan tokoh YouTuber dalam efek perubahan sosial komunikasi anak usia 7–9 tahun di SDIT Serasan Sekundang, Kabupaten Muara Enim. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif yang menggali secara mendalam proses perubahan komunikasi sosial pada anak akibat paparan konten YouTube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh tokoh YouTuber tercermin pada tingkah laku dan bahasa anak yang meniru gaya komunikasi YouTuber. Faktor yang memperkuat pengaruh tersebut antara lain minimnya fasilitas hiburan lokal, kemampuan komunikasi menarik dari para YouTuber, serta kemudahan akses YouTube sepulang sekolah. Untuk mengoptimalkan pengaruh positif tokoh YouTuber, diperlukan strategi berbasis pendidikan, komunikasi, konten, pengawasan, dan evaluasi. Temuan ini penting untuk memberi arah bagi orang tua, guru, dan pembuat kebijakan dalam mendampingi anak agar memanfaatkan YouTube secara lebih bijak dan produktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Masayu safarinda. (2025). Peranan Tokoh Youtuber Dalam Efek Perubahan Sosial Komunikasi Anak Umur 7-9 Tahun Di SDIT Serasan Sekundang, Kabupaten Muara Enim. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 1606–1617. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.10783
Section
Articles

References

Barkatullah, Abdul Halim. (2019). Hukum Transaksi Elektronik Di Indonesia: Sebagai Pedoman Dalam Menghadapi Era Digital Bisnis E-Commerce Di Indonesia. Nusamedia.

Databoks. (2022). Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2021/03/16/Aksesanak-Ke Konten-Digital-Meningkat-Saat Pandemi.

Korespondensi, E., Nur, T., Jakarta, U. N., & Indonesia, B. (T.T.). Bahasa Anak

Betawi Di Sekolah: Sebuah Perspektif. 1–10

Laila Fitriani, Zaskia S. R., Aisyah, D.K, Eka, P.P, Salesa, A.F, Eni, N., (2023) Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Online Pendidikan: Teori Dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis.

Mastanora, Refika. (2020). Dampak Tontonan Video Youtube Pada Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 2(1), 47–57.

Rizkiansyah, R. A., & Rustono. (2017). Perilaku Berbahasa Pengembang Perumahan, Pengelola Hotel, Dan Pengelola Toko. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 25–33.

Santoso, B. B., & Fatimah, F. (2021). Komunikasi Antar Budaya Masyarakat

Pedalaman Papua Melalui Model Komunikasi Di Youtube Expedisi Segaris Episode 9. Jurnal Ilmiah Komunikasi (Jikom) Stikom Ima, 13(02), 1– 8.

Https://Doi.Org/10.38041/Jikom1.V13i02.154

Wibowo, A., & Rusdi, F. (2019). Analisis Personal Branding Youtuber Gim :(Studi Fenomenologi Michael Souw). Prologia, 3(1), 31–38. Https://Doi.Org/10.24912/Pr.V3i1.61 32

Yuliani, M., Simarmata, J., Susanti, S. S., Mahawati, E., Sudra, R. I., Dwiyanto, H., Irawan, E., Ardiana, D. Putu Y., Muttaqin, M., & Yuniwati, I. (2020).