Penerapan Pembelajaran Integrasi Articulate Storyline 3 dengan Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika

Main Article Content

Putri Wahyu Lestari
Rissa Prima Kurniawati
Rohmadi Rohmadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran integrasi Articulate Storyline 3 dengan permainan tradisional congklak dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi penyajian data di kelas V SDN 04 Klegen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dan dokumentasi, serta dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada setiap indikator minat belajar (kebahagiaan, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan) dari pra-siklus hingga siklus II. Hasil uji statistik menggunakan SPSS (uji ANOVA dan Bonferroni) menunjukkan perbedaan yang signifikan antar tahap. Pembelajaran integratif ini terbukti menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif, serta kontekstual. Penggunaan Articulate Storyline 3 memberikan visualisasi menarik, sementara congklak memperkuat pemahaman melalui pengalaman konkret. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi media digital dan permainan tradisional efektif dalam meningkatkan minat belajar matematika, sekaligus menjawab permasalahan dalam latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putri Wahyu Lestari, Rissa Prima Kurniawati, & Rohmadi, R. (2025). Penerapan Pembelajaran Integrasi Articulate Storyline 3 dengan Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 1934–1943. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.10855
Section
Articles

References

Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012

Andhika, M. R. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 54–66. https://doi.org/10.54371/ainj.v4i1.230

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Dewi, A. C. (2024). Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Di Era Digital. Jurnal Riset Guru Indonesia, 3(3), 165–170.

Fatah, M. G., & Utami, R. D. (2024). Peningkatan Kerja Sama dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Strategi Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 13(2), 90–99.

Hanafia, A., Wiryanto, Ekawati, R., & Hendratno. (2021). Penerapan Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Education and development, 9(4), 354–361. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3093

Juhaeni, J., Safaruddin, S., & Salsabila, Z. P. (2021). Articulate Storyline Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 150. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a3.2021

Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 42–46. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2014

Nurazizah, K. (2023). Etnomatematika: Meningkatkan Minat dan Pemahaman Matematika melalui Media Permainan Congklak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(2), 138–147. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v7i2.6793

Puspitasari, L., & Soraya, L. (2023). Pengaruh Model PBL Berbantuan Papan Diagram Batang Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(2), 175–182. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i2.26

Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14

Rahmajati, A. D. R., & Dewi, K. K. (2024). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning ( CTL ) pada Kelas VII F di SMP Negeri 11 Surakarta. Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 84. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v13i1.78714

Sari, M. Z., Gunawan, A., Fitriyani, Y., & Hilaliyah, N. (2020). Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 197. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i2.42137

Soraya, R., & Ningtias, S. W. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Articulate Storyline terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran, 5(1), 94–101.

Suprihatin, R. (2022). Meningkatkan kemampuan menyajikan data dalam diagram batang melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(3). https://doi.org/10.20961/jpiuns.v7i3.60073

Utari, D. R., & Ramadan, Z. H. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Untuk Siswa SD Kelas IV. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1810–1817. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6262