Teknik Editing Pembuatan Podcast “Tantangan dan Solusi dalam Berinvestasi” di Kementerian Investasi dan Hilirisasi RI

Main Article Content

Dhafine Hasna Alfaza
Wahyu Budi Priatna

Abstract

Podcast “Tantangan dan Solusi dalam Berivestasi” merupakan proyek kolaborasi antara Kementerian Investasi dan Hilirisasi RI dengan mahasiswa Program Studi Komunikasi Digital dan Media IPB University, yang bertujuan untuk mengahdirkan konten edukatif dan informatif mengenai dunia investasi. Laporan ini membahas secara komprehensif tahapan produksi, mulai dari pra-produksi, produksi, hingga pasca produksi dengan fokus utama pada proses editing video podcast yang dilakukan melalui dua tahap, yaitu Offline editing yang menitikberatkan pada penyusunan dan penggabungan footage agar mementuk narasi yang koheren dan Online editing yang berfokus pada peningkatan kualitas visual dan audio melalui penambahan efek, koreksi warna, dan elemen pendukung lainnya. Penerapan Teknik editing yang tepat didukung oleh penggunaan software seperti CapCut dan Adobe After Effects, serta sistem pengelolaan file yang terstruktur terbukti meningkatkan efisiensi kerja dan kualitas hasil akhir. Evaluasi menyeluruh juga dilakukan untuk meatikan konten yang dihasilkan sesuai dengan tujuan edukasi dan kebutuhan audiens. Hasil dari proyek ini diharapkan dapat memperkuat peran podcast sebagai media penyebaran investasi yang efektif, meningkatkan pemahaman Masyarakat, serta membangun citra positif Kementerian investasi dan Hilirisasi RI di mata public.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Alfaza, D. H., & Priatna, W. B. (2025). Teknik Editing Pembuatan Podcast “Tantangan dan Solusi dalam Berinvestasi” di Kementerian Investasi dan Hilirisasi RI. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 2557–2563. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.11391
Section
Articles

References

Armiati & Hidayat, M. T. (2024). Podcast Spotify sebagai media pembelajaran audio untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 116–126. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.62871

Dipa, A., Suryana, I., & Pratama, R. (2024). Implementasi Multimedia Development Life Cycle dalam produksi konten digital. Jurnal Teknologi Informasi, 12(2), 101–115.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2020). Laporan tahunan: Transformasi digital Indonesia. Kominfo RI.

Kurniawan, A., Santoso, B., & Wibowo, R. (2024). Efektivitas teknik editing dalam meningkatkan kualitas podcast edukasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 33–48.

Ridha, F., Mahendra, A., & Lestari, D. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(3), 211–222.

Setiawan, H., Putra, Y., & Rahman, A. (2023). Model pengembangan multimedia interaktif: Penerapan MDLC dalam media edukasi. Jurnal Teknologi dan Media, 14(2), 77–89.

Spotify. (2020). Laporan tren audio Indonesia 2020. Spotify Research.

Sutopo, L. (2012). Multimedia development life cycle (MDLC): Teori dan implementasi. Andi Offset.