Perancangan Kampanye Digital Urban Farming untuk Masyarakat Kota Surabaya

Main Article Content

Muhamad Riky Prasetya
Aileena Solicitor Costa Rica El Chidtianand
Aditya Rahman Yani

Abstract

Ketahan pangan adalah masalah serius di setiap negara, ditambah kondisi COVID-19 beberapa waktu silam semakin memperuku keadaan. Pangan juga salah satu sektor penyumbang inflasi yang cukup besar di Indonesia. Kota Surabaya sebagai kota terbesar ke-2 di Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari tiga juta jiwa juga harus berhadapan dengan ketahanan pangan. Salah satu cara menjaga ketahanan pangan adalah dengan kemandirian pangan atau menghasilkan sektor pangan sendiri di daerah. Namun sayangnya lahan pertanian di Kota Surabaya kian hari semakin menipis, hal ini disebabkan karena pertanian  bukan sektor penghasilan di Kota Surabaya. Maka dari itu tata Kelola ruang di Kota Surabaya lebih mementingkan lahan untuk industry dan jasa. Urban farming merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah ketahanan pangan di Kota Surabaya. Dari hasil kouesioner, wawancara, dan observasi, Masyarakat Surabaya memang sangat familiar dengan istilah urban farming, tapi masih belum memiliki kesadaran untuk menerapkanya. Melalui perancangan kampanye ini diharapkan bisa mendongkrak minart Masyarakat Kota Surabaya untuk lebih antusias melaksanakan Urban Farming.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Prasetya, M. R., Aileena Solicitor Costa Rica El Chidtianand, & Aditya Rahman Yani. (2025). Perancangan Kampanye Digital Urban Farming untuk Masyarakat Kota Surabaya. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 320–335. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.9214
Section
Articles