Strategi Humas Diskominfo Kabupaten Bogor Dalam Pengelolaan Akun Instagram @Kabupaten.Bogor Sebagai Sarana Diseminasi Informasi Publik

Main Article Content

Keyla Intan Madaniy
Vivien Febri Astuti

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, terutama media sosial, telah mengubah cara pemerintah dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh Humas Diskominfo Kabupaten Bogor dalam pengelolaan akun Instagram @kabupaten.bogor sebagai sarana diseminasi informasi publik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang mengidentifikasi empat tahap kunci dalam strategi komunikasi, yaitu fact finding, planning, action and communication, serta evaluation, yang diadaptasi dari teori Cutlip, Center, dan Broom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Diskominfo berperan penting dalam menjembatani komunikasi antara pemerintah dan masyarakat, serta memastikan informasi yang disampaikan cepat dan akurat. Meskipun demikian, terdapat beberapa hambatan yang dihadapi, seperti keterbatasan sumber daya manusia, perencanaan konten, dan koordinasi antar dinas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan efektivitas diseminasi informasi publik, Humas Diskominfo perlu memperkuat kolaborasi dan responsivitas, serta mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang ada. Secara keseluruhan, pengelolaan media sosial yang efektif dapat memperkuat komunikasi antara pemerintah dan masyarakat, serta mendukung transparansi dan akuntabilitas pemerintah daerah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Madaniy, K. I., & Astuti, V. F. (2025). Strategi Humas Diskominfo Kabupaten Bogor Dalam Pengelolaan Akun Instagram @Kabupaten.Bogor Sebagai Sarana Diseminasi Informasi Publik. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 267–276. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.9445
Section
Articles

References

Athifah, F., K., N., & Novita, S. (2024). Strategi Humas Jawa Barat Dalam Membangun Citra Melalui Konten Instagram. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 4(1), 61–68.

Ayudia, A., P., & Wulandari, S., S. (2021). Strategi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Citra Pemerintah Kota Probolinggo. Journal of Office Administration : Education and Practice, 1(2), 249–268.

Cutlip, S., M., Center, A., H., & Broom, G., M. (2006). Effective public relations (9th ed.). Jakarta: Kencana.

Dhamayanti, P., V. (2022). Systematic literature review: Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(2), 209-219.

Fayiz, Z., Saeni., R., & Kunci, K. (n.d.). (2022). Strategi Humas Pemerintah Kota Parepare dalam Mengelola Media Sosial sebagai Media Informasi Covid-19. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 32-41.

Juhji. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Mahmudah, S., M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1–9.

Maryanti, S., Komariah, N., & Rodiah, S. (2022). Diseminasi informasi publik oleh pejabat pengelola informasi dan dokumentasi Kota Banjar sebagai upaya keterbukaan informasi publik. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 8(3), 517-533.

Permini, N., L., P., E., & Atmaja, I., M., W., K. (2022). Peran Humas Dalam Kegiatan Publikasi Online Pemerintah Di Kabupaten Badung. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 8(3), 620–632.

Nugraha, A., R., et al. (2020). Komunikasi humas pemerintahan kabupaten/kota di Jawa Barat melalui media digital Instagram. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(2), 221-239.

Nugraha, A., R., Sjoraida, D., F., & Novianti, E. (2022). Analisis strategi humas pemerintahan era milenial dalam menghadapi tata kelola informasi publik. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 6(2), 286.

Prastowo, FX., A., A. (2020). Pelaksanaan fungsi pokok humas pemerintah pada lembaga pemerintah. Profesi Humas, 5(1), 17-31.

Putri, Y., D., & Sutarjo, M., A., S. (2023). Strategi humas pemerintahan Kota Bandung dalam mengelola media sosial Instagram @humas_bandung. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3198-3205.

Rosmala., et al. (2025). Peran Humas Pemerintah Membangun Citra Positif: (Analisis Kasus Gubernur Kalimantan Selatan Tahun 2024). Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 10(1), 259-276.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai. 7(1). 2896-2910.