Analisis Penggunaan Media Sosial Tiktok dan Influencer Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Chester Oil Shakila Salon

Main Article Content

Nadya Aprilia Syafira
Cindy Florence Cristina
Prisca Tryanti Rero
Maria Marshanda Lawe
Albertina Ajivikha Wenny
Efrem Ferigartus Soge
Maria Endang Jamu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial dan keterlibatan influencer terhadap peningkatan penjualan Chester Oil di Shakila Salon. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner di pelanggan shakila salon. Sampel yang digunakan dalam peneltiian ini berjumlah 110 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil dari peneltiian ini adalah media sosial tidak berpengaruh terhadap peningkatan penjualan Chester Oil. Influencer marketing berpengaruh terhadap peningkatan penjualan Chester Oil.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Syafira, N. A., Cristina, C. F., Rero, P. T., Lawe, M. M., Wenny, A. A., Soge, E. F., & Jamu, M. E. (2025). Analisis Penggunaan Media Sosial Tiktok dan Influencer Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Chester Oil Shakila Salon. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 158–166. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.9528
Section
Articles

References

Anjani, A. S., & Hartono, B. (2022). Strategi Personal Selling dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Marketing. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 15(1), 1–8.

Budi Dharma, & M. Rafiq Efrianda. (2023). Analisis Penjualan Online Melalui Media Sosial Tiktok. Jurnal Publikasi Ekonomi Dan Akuntansi, 3(3), 269–278. https://doi.org/10.51903/jupea.v3i3.885

Fadhilah, F., & Saputra, G. G. (2021). Pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi z. INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 17(3), 505–512.

Fitri, A. I., & Dwiyanti, S. A. I. (2021). Efektivitas Media Tiktok Dan Influencermendongkrak Penjualan Lippie Serum Raeccadipandemi Covid19. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (EK&BI), 4(1), 345–353. https://doi.org/10.37600/ekbi.v4i1.210

Haeruddin, N., Wahida, A., & Maming, R. (2023). Peran media sosial dan e-commerce bagi UMKM dalam meningkatkan volume penjualan. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(1), 625–637.

Herman, H., Maszudi, E., Hamid, R. S., Dewintari, P., & Aulia, A. (2023). Peran Influencer Marketing Online Customer Review dan Content Marketing dalam Keputusan Pembelian Pada Sosial Instagram. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(2), 1348–1358.

Hermawan T M kusuma, & Dadang. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Social Influence Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Online Food Delivery Service. Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 18(2), 176–180.

Lingga Yuliana, Adrian A. Wijanarko, Andri Mat Raharjo, Sri Harnanih, & Maya Firdiana. (2022). Peranan Influencer Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Selama Kondisi Pandemi. Jurnal Bisnis Terapan, 6(1), 75–88. https://doi.org/10.24123/jbt.v6i1.4874

Mulyani, Y. S., Wibisono, T., & Hikmah, A. B. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Untuk Pemasaran Bisnis Digital Sebagai Media Promosi. Hospitality, 11(1), 291–296.

Mustapa, A., Machmud, R., & Radji, D. L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Umkm Jiksau Food. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 2022.

Muzakki, F. D. P., & Andarini, S. (2024). Pengaruh Influencer Marketing dan Content Marketing Terhadap Brand Awareness Produk Avoskin (Studi pada Instagram @avoskinbeauty). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 14(1), 188–194.

Putu Lia Kharisma Wirayanti, L. (2024). Digital Marketing: Penerapan Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Kasyaraa.Co. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 6(2), 282–288. https://doi.org/10.36985/z2dbsg18

Rahmawati, S. D. (2021). Pengaruh Media Sosial Seorang Influencer Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui E-Commerce. National Conference Of Islamic Natural Science, 20, 281–294.

Sari, O. H., Halim, F., Tanjung, R., Permadi, L. A., Prasetio, A., Hasnidar, H., Dewi, I. K., Arfandi, S. N., Sudarso, A., & Hasyim, H. (2021). Manajemen bisnis pemasaran. Yayasan Kita Menulis.

Schouten, A. P., Janssen, L., & Verspaget, M. (2020). Celebrity vs. Influencer endorsements in advertising: the role of identification, credibility, and Product-Endorser fit. International Journal of Advertising, 39(2), 258–281. https://doi.org/10.1080/02650487.2019.1634898

Septiani, L., & Santoso, B. (2024). Pengaruh Marketplace Tokopedia Terhadap Peningkatan Penjualan Di Toko RMX Purwokerto. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JURBISMAN), 2(2), 343–356.

Shukmalla, D., Savitri, C., & Pertiwi, W. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Lokal di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Buana Perjuanagan Karawang). Jurnal Mirai Management, 8(3).

Sudirwo, S., Nurriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 50–57. https://doi.org/10.35130/jrimk.v5i1.178

Sugiarto Maulana, Y., Hadiani, D., & Wahyuni, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Influencer Instagram Terhadap Citra Merk Dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Penjualan. Perwira Journal of Economics & Business, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.54199/pjeb.v1i2.47

Syarifah, T., Aini, S. N., & Ardina, Z. (2024). Analisis SWOT terhadap Penerapan Marketing Mix 7P dalam Peningkatan Penjualan PT. Hanin Wisata Semesta. BALANCA, 37–54.

Windi, R., & Tampenawas, J. L. . (2023). Pengaruh Influencer Marketing, Content Marketing Dan Efektivitas Tiktok Affiliate Terhadap Brand Awareness Skincare Hanasui (Study Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2023). Tampenawas 772 Jurnal EMBA, 11(3), 772–784.

ZA, S. Z., Tricahyadinata, I., Robiansyah, R., Darma, D. C., & Achmad, G. N. (2021). Storytelling marketing, content marketing, and social media marketing on the purchasing decision. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 3836–3842.