Optimalisasi Kinerja Editor Transkripsi melalui Penggunaan Final Cut Pro pada Prgram Channel di MNC Channels
Main Article Content
Abstract
Transformasi digital dalam industri media menuntut optimalisasi kinerja editor transkripsi, khususnya dalam proses penyuntingan video di MNC Channels. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan fitur Final Cut Pro untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas kerja editor transkripsi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui observasi dan wawancara dengan editor transkripsi di MNC Channels. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Final Cut Pro secara signifikan mempercepat proses penyuntingan, meningkatkan akurasi transkripsi, dan memfasilitasi kolaborasi tim dalam produksi konten. Lebih jauh, fitur-fitur canggih Final Cut Pro memungkinkan editor untuk memenuhi standar teknis dan estetika yang dibutuhkan oleh perusahaan. Namun, optimalisasi kinerja tidak hanya bergantung pada perangkat lunak tetapi juga pada kompetensi sumber daya manusia dan lingkungan kerja yang mendukung. Kesimpulannya, penggunaan teknologi penyuntingan yang tepat sangat berkontribusi pada produktivitas dan kualitas konten siaran dan berfungsi sebagai faktor kunci dalam mengatasi tantangan industri media di era digital. Temuan ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi praktis bagi praktisi media untuk mengembangkan strategi berkelanjutan untuk mengoptimalkan kinerja editor transkripsi.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adhari, Z. I. (2021). Optimalisasi Kinerja Karyawan Menggunakan Pendekatan Knowledge Management & Motivasi Kerja, Pasuruan: Cv. Penerbit Qiara Media.
Andarini, A. F. (2022). Analisis Strategi Digitalisasi Media Di Era Digital Pt. Media Nusantara Citra Tbk (Mncn) . Jurnal Ilmiah Indonesia. 7 (2), 2019-2030
Ashrye, A. I., & Marwijayati. (2022). Kesinambungan Editing Dalam Program Dokumenter “Kultur Nusantara: Panghulu Niniak Mamak”. Jurnal Ilmiah Teknik Studio. 6(1), 9-18.
Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15–34.
Ersyad, H., & Irawan, R. E. (2023). Peran Editor Dlam Produksi Program Tv Magazine Show ''gotomotif Episode Si Antik Buatan Italia''. Journal Of Communication Empowerment. 5(1), 35-51.
Kemp, J. E. & Dayton, D.K. (1985). “Planning And Proceduring Instruksional Media”. Cambridge.Haiper & Row Publisher. New Yorlk.
Khasanah, N., Vionita S. T., Muji, A., & Khotimah, N. (2024). Perkembangan Teknologi Penyiaran Dan Implikasinya Terhadap Kebebasan Berekspresi. Merdeka Indonesia Jurnal International, 4(1), 1–6.
Mangkunegara, P. A. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Manurung, J., & Fujiaswati, N. (2024). Mengatasi Tantangan Integrasi Workflow Management Dan Database. Kohesi: Jurnal Multidisiplin Saintek. 4(1), 1-5.
Miles, M., B., & Huberman, A. M. 2014. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press
Muqsith, A. M. (2021). Teknologi Media Baru: Perubahan Analog Menuju Digital. Jurnal Adalah: Buletin Hukum Dan Keadilan, 5(2), 33-40.
Padmavathy. B. (2023). A Study On Video Editing Software: Final Cut Pro X And Adobe Premiere Pro Cc. International Journal Of Creative Research Thoughts (Ijcrt). 11(5), 469-474.
Prawirosentono, S. (2019). Kinerja, Motivasi Dan Etos Kerja ASN.
Putra, K.P., & Mahendra, A. I. (2024). Penerapan Dasar Editing Video Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta (Kpu Diy) Pada Platform Youtube. Akselerasi: Jurnal Ilmiah Nasional , 6 (2), 1-17.
Putra, M. F. A., & Sukarya, R. R. (2024). Implementasi Adobe Premiere Pro Dalam Pembuatan Video Company Profile. Jurnal Multimedia Dan Teknologi Informasi. 6 (2), 243-258.
Respati, E. H., & Sudjanarti, D. (2024). Optimalisasi Iklan Dengan Reels Instagram Menggunakan Adobe Premiere Pro Pada Umkm Dapoer Oma Lies Malang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen. 2(6), 876-884.
Solehan, S. (2024). Optimalisasi Kinerja Karyawan Melalui Strategi Edukasi Dan Pelatihan. Maslahah : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Syariah. 2(3), 99-107.
Sosial, J., Rachmalia, R., & Rizqina, N. (2024). Integrasi Sosial Media Dalam Strategi Digital Marketing Sebagai Wadah Promosi Bisnis Kudapan Nini. Jurnal Sosial & Abdi Masyarakat, 6 (1), 11–18