Daya Tarik Visual TikTok: Mengungkap Rahasia Keputusan Pembelian Gen-Z pada Produk Mad for Makeup

Main Article Content

Randhea Prameswari Halim
Suparman Suparman

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh estetika visual pada video promosi TikTok terhadap keputusan pembelian produk Mad for Makeup oleh konsumen Gen-Z. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh estetika visual video promosi TikTok terhadap keputusan pembelian produk tersebut. Penelitian ini melibatkan 385 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner online dan dianalisis dengan metode regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa estetika visual pada video promosi TikTok berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Mad for Makeup oleh Gen-Z. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pemasar dan pelaku industri kosmetik, khususnya di platform TikTok, untuk lebih memperhatikan elemen-elemen estetika visual dalam meningkatkan efektivitas strategi pemasaran mereka di kalangan konsumen muda.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Halim, R. P., & Suparman, S. (2025). Daya Tarik Visual TikTok: Mengungkap Rahasia Keputusan Pembelian Gen-Z pada Produk Mad for Makeup. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 558–567. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.9690
Section
Articles

References

AlSokkar, A., Al-Gasawneh, J. A., Otair, M., Alghizzawi, M., Alarabiat, D., & Al Eisawi, D. (2024). Online Marketing Campaigns’ Aesthetics: Measuring The Direct Effect on Customers’ Decision-Making. Innovative Marketing, 20(4), 206–218. Retrieved from https://doi.org/10.21511/im.20(4).2024.18

Andhita, P. (2020). Komunikasi Visual. Zahira Media Publisher.

Suara.com. (2022, August 31). 73 Persen Perempuan di Indonesia Habiskan Uang Minimal Rp 250 Ribu Untuk Makeup. Suara.Com. Retrieved 10 May 2025 from https://www.suara.com/lifestyle/2022/08/31/133500/73-persen-perempuan-di-indonesia-habiskan-uang-minimal-rp-250-ribu-untuk-makeup

Farras Muthiah, G. Z. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran MAD For Makeup dalam Menciptakan Brand Image Sebagai Merek Kosmetik untuk Generasi Z. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika dan Komunikasi (JIMIK) (Vol. 5). Retrieved from https://journal.stmiki.ac.id

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gosal, C. (2024). Analisis Dampak Estetika Katalog dan Tampilan Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z (Vol. 14).

Komara, D. A., & Widjaya, S. N. (2024). Memahami Perilaku Informasi Gen-Z dan Strategi Melawan Disinformasi: Sebuah Tinjauan Literatur Penggunaan Media Sosial. Jurnal Pustaka Ilmiah, 10(2), 155. Retrieved from https://doi.org/10.20961/jpi.v10i2.85775

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi 12 Jilid 1 & 2). Jakarta: PT Indeks.

Kumparan. (2022). Survei: 45% Masyarakat Indonesia Doyan Belanja di TikTok Shop.

Lavie, T., & Tractinsky, N. (2004). Assessing dimensions of perceived visual aesthetics of web sites. International Journal of Human Computer Studies, 60(3), 269–298. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2003.09.002

Mokodompit, H. Y., Lapian, S. L. H. V. J., & Roring, F. (2022). Pengaruh Online Customer Rating, Sistem Pembayaran Cash On Delivery dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian di Tiktok Shop (Studi pada Mahasiswa dan Alumni Equil Choir FEB Unsrat). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 975. Retrieved from https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43393

Nasution, A. E., & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen (studi kasus pada alfamart di Kota Medan) (Vol. 1).

Podara, A., Matsiola, M., Nicolaou, C., Maniou, T. A., & Kalliris, G. (2022). Transformation of television-viewing practices in Greece: Generation Z and audio-visual content. Journal of Digital Media & Policy, 13(2), 157–179. Retrieved from https://doi.org/10.1386/jdmp_00034_1

Statista. (2025). Countries with the largest TikTok audience as of February 2025. Retrieved 28 February 2025, from https://www.statista.com/statistics/1299807/number-of-monthly-unique-tiktok-users/

Thamrin, H. (2024). Pengaruh Estetika Visual dan Personal Branding Terhadap Social Currency Content Creator TikTok di Indonesia, 1(3), 267–282. Retrieved from https://doi.org/10.62383/filosofi.v1i3.246