Proses Kreatif Video Editor dalam Pembuatan Video Profil pada Youtube Generasi Edukasi Prima Media

Main Article Content

Novia Istiqomah Ramdhani
Amiruddin Saleh

Abstract

Penelitian ini berfokus pada produksi video company profile untuk PT Generasi Edukasi Prima (GEP), dengan menyoroti peran ganda editor sebagai praktisi sekaligus peneliti. Generasi Edukasi Prima merupakan perusahaan di bidang pendidikan yang mendorong pembelajaran inklusif dan inovatif, serta memanfaatkan platform YouTube untuk keperluan branding perusahaan dan keterlibatan pemangku kepentingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui studi proyek produksi, dengan tujuan memahami bagaimana visual storytelling dapat membentuk identitas korporasi di era digital. Proses produksi mengacu pada kerangka kerja Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang meliputi tahap pengembangan konsep, desain, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Proses editing memainkan peran strategis, tidak hanya dalam memastikan kualitas teknis, tetapi juga dalam membangun narasi yang koheren, daya tarik emosional, dan keselarasan dengan nilai-nilai merek. Teknik editing kompilasi digunakan untuk memperkuat struktur pesan dan keterhubungan dengan audiens. Data diperoleh melalui observasi partisipatif, dokumentasi produksi, dan analisis reflektif. Temuan penelitian menegaskan bahwa editing bukan sek

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ramdhani, N. I., & Saleh, A. (2025). Proses Kreatif Video Editor dalam Pembuatan Video Profil pada Youtube Generasi Edukasi Prima Media. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 771–781. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.9723
Section
Articles

References

Aminnudin, F. H. (2020). Pelatihan videografi dan editing video sebagai sarana pengembangan media informasi BKKBN Provinsi Jambi. FORTECH Journal of Information Technology, 4(2), 46–52.

Bowen, C. J. (2018). Grammar of the edit. Routledge.

Dewi, W. N., Nas, C., Aries, J., & Norhan, L. (2022). Perancangan company profile CV. Aaf Print Cirebon menggunakan video animasi sebagai promosi usaha. Jurnal Digit, 12(2), 203–213. https://doi.org/10.51920/jd.v12i2.296

Fatmariani, Putra, D., & Hartati, E. (2023). Pelatihan Filmora dalam pembuatan materi ajar yang kreatif guru SMA Nurul Iman Palembang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multi Disiplin Ilmu, 1(2), 8–21. https://doi.org/10.47709/jpmasdi.v1i2.2480

Herminingsih, Nurdin, & Fatimah, S. (2022). Pengaruh YouTube sebagai media pembelajaran dalam perkembangan kognitif, afektif dan psikomotorik anak. Jurnal UIN Datokarama, 1–6.

Honarto, D. O., Dektisa, A. H., & Malkisedek, M. H. (2021). Perancangan video company profile sebagai media promosi CV. Eureka Architect. Jurnal DKV Adiwarna, 2(17), 2–10.

Indarsih, M., & Pangestu, D. (2021). Pemanfaatan platform YouTube sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(3), 43–52. https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v6i3.1545

Jasmine, A. M., & Loen, R. B. (2020). Penggunaan video company profile sebagai sarana informasi dan meningkatkan promosi pada PT Avoir Industry. Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, 2(2), 1–8.

Khairi, A. S., Amri, H., Bancin, H., & Ikhwan, A. (2023). Analisis penggunaan teknik editing pada music video Stray Kids Thunders. Jurnal Sains dan Teknologi, 3(1), 2–4. https://doi.org/10.47233/jsit.v3i1

Kumala, F. N., Ghufron, A., Astuti, P. P., Crismonika, M., Hudha, M. N., & Nita, C. I. R. (2021). MDLC model for developing multimedia e-learning on energy concept for primary school students. Journal of Physics: Conference Series, 1869(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1869/1/012068

Mumtaz, H. (2024). Peran video editor dalam memproduksi berita breaking news dan flash news di channel YouTube Mata Milenial Indonesia TV. Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(5), 301–315.

Mustopa, A., & Juraidi, A. (2023). Perancangan video profil CV. Bumi Raya Sekata berbasis motion graphic. Jurnal Autom Comput Inf Syst, 3(1), 73–80. https://doi.org/10.47134/jacis.v3i1.59

Pambudi, W. U., & Jonathan, F. (2024). Produksi video film etnografi tindak tutur sosial masyarakat di Gang Laler Kemayoran, Jakarta Pusat. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, 1–8.

Pratama, I. G. Y. (2020). Proses kreatif dalam upaya pemberdayaan UMKM melalui rangkaian acara clinic design – STD Bali Design Week. Jurnal Lentera Widya, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v2i1.103

Priyono, P. E. (2022). Komunikasi dan komunikasi digital. Guepedia.

Ramadian, A., & Dianta, A. (2022). Peran editor dalam pembuatan karya dokumenter berjudul “Terbawa”. Journal of Communication Empowerment, 4(1), 56–69.

Raihanun Navira, K., & Sutabri, T. (2023). Perancangan video company profile PT Pertamina dengan pendekatan psikologi. Jurnal Salome Multidisipliner Keilmuan, 1(3), 121–128.

Sareya, et al. (2020). Teknik penyuntingan dan kesannya terhadap emosi audiens dalam filem aksi terpilih Malaysia: Technical editing and their effecting towards audience emotion in selected action film Malaysia. Jurnal Gendang Alam (GA), 89–120. https://doi.org/10.51200/ga.v10i.2520

Tanrere, R. G., Alfayadh, M. D., Ramadhani, S., & Taufiqulhakim, A. I. (2024). Improving creative concept on profile video Rancagong Village as a means for developing village. Jurnal Bina Ilmu Ekonomi dan Sosial, 8(2), 1–14. https://doi.org/10.11124/jbies-23-00273

Wahana, A., Ramdania, D. R., Al Ghifari, D., Taufik, I., Kaffah, F. M., & Gerhana, Y. A. (2020). Breakdown film script using parsing algorithm. Journal Telkomnika (Telecommunication Computing Electronics and Control), 18(4), 1978–1982. https://doi.org/10.12928/telkomnika.v18i4.14849