Peran Content Marketing dalam Meningkatkan Engagement Audiens di Media Sosial Instagram Grand Savero Bogor

Main Article Content

Wina Athifah Zahrah
Willy Bachtiar

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mendorong para pelaku di industri perhotelan untuk menggunakan platform media sosial sebagai alat pemasaran yang efisien. Hotel Grand Savero Bogor adalah contoh hotel yang secara aktif menggunakan Instagram sebagai saluran komunikasi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana content marketing berkontribusi pada peningkatan keterlibatan audiens di Instagram Grand Savero Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dengan tim Marketing Communication dan Desain Grafis Grand Savero Bogor, serta observasi terhadap konten yang diposting di Instagram @grandsaverobgr. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi content marketing yang diterapkan oleh Grand Savero Bogor mengikuti delapan langkah yang diusulkan oleh Kotler et al. (2017), yang mencakup penentuan tujuan, identifikasi target pasar, perencanaan dan konsep konten, pengembangan konten itu sendiri, distribusi, penguatan, evaluasi, dan perbaikan marketing konten. Strategi ini berhasil menciptakan interaksi yang kuat dengan audiens, meningkatkan kesadaran merek, serta memperkuat citra hotel tersebut. Hasil ini menekankan betapa pentingnya perencanaan konten yang terorganisir dan berbasis pada wawasan data dalam membangun hubungan jangka panjang dengan audiens melalui media sosial. Penelitian ini memberikan konstribusi studi content marketing di bidang perhotelan dan dapat menjadi referensi dalam merumuskan strategi digital bagi pelaku industri lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zahrah, W. A., & Bachtiar, W. (2025). Peran Content Marketing dalam Meningkatkan Engagement Audiens di Media Sosial Instagram Grand Savero Bogor. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 1010–1022. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.9801
Section
Articles

References

Al Afif, M. F., Nuringwahyu, S., & Krisdianto, D. (2020). Pengaruh konten dan promosi giveaway terhadap meningkatnya popularitas games Mobile Legends. JIAGABI: Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis, 9(1), 24–27. https://doi.org/10.24912/ki.v1i3.15773

Andzani, D., Virgin, D., & Setijadi, N. (2024). Peran media sosial dalam membangun citra destinasi pariwisata yang menarik. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi), 11(1), 188–195. https://doi.org/10.35794/jmbi.v11i1.53212

Arianto, B. (2024). Triangulasi metoda penelitian kualitatif. Borneo Novelty Publishing.

Barizki, R., & Apriani, Y. (2024). Strategi konten kreatif DOTEENS dalam meningkatkan audience engagement melalui Instagram. KOMUNIKATA57, 5(1), 29–36. https://doi.org/10.55122/kom57.v5i1.1255

Fahimah, M., & Ningsih, L. A. (2022). Strategi content marketing dalam membangun customer engagement. Benchmark, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.46821/benchmark.v3i1.283

Hartini, H., Sudirman, A., & Wardhana, A. (2022). Manajemen pemasaran (Era Revolusi Industri 4.0). CV Media Sains Indonesia.

Khairi, U. A., Hasibuan, N., Pratama, A. Z. R., & Suhair. (2024). Strategi pemasaran dan posisi target sebagai kunci keberhasilan bisnis. Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 9(1), 9–17.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen pemasaran (Edisi ke-13). Erlangga.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from traditional to digital. John Wiley & Sons, Inc.

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2020). Strategi pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(1). https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963

Naibaho, N. A., & Ritonga, M. H. (2024). Strategi komunikasi pemasaran digital My Nasha Hotel Tigaras dalam meningkatkan pengunjung. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, 5(2), 1772–1778. https://doi.org/10.35870/jimik.v5i2.758

Octaviana, E., Zahara, Z., Ponirin, & Farid. (2024). Peran content marketing Instagram sebagai strategi menumbuhkan brand awareness pada usaha Springshop_PLW. JIMEA: Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 8(3). https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4432

Philip, L. (2021). Pengaruh pemikiran kreatif dalam menciptakan konten viral: Studi kasus pada fenomena digital yang berkembang pesat di media sosial. Jurnal Akademi Komunikasi SAE Indonesia, 7(1).

Ritonga, S. B. P., Wardana, K. A., Iswahyudi, A., & Rahmawaty, D. (2023). Perancangan visual Graphic Standard Manual untuk logo Varion Farm. Jurnal Desain – Kajian Penelitian Bidang Desain, 3(1), 455.

Seharja, S., Hitto, G., & Rusmini, A. (2023). Potensi bisnis hotel sebagai tren staycation dalam mendukung pertumbuhan sektor pariwisata di Indonesia. Mutiara: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(2), 267–275. https://doi.org/10.61404/jimi.v1i2.100

Setiawan, R. (2023). Pemanfaatan Instagram sebagai media promosi online (Studi kasus pada akun @nanisaproject). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22727–22735. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10191

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suranto, A. (2019). Perencanaan dan evaluasi program komunikasi. Pena Pressindo.

Taufiqurokhman, T. (2024). Konsep dan kajian ilmu perencanaan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Nurhafidah, T., Widiyanarti, T., Cahyani, G. N., Putri, R. D., Jasmine, N. K., & Muthmainah, K. A. (2024). Masa depan Instagram: Inovasi dan tantangan di era sosial media. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, 2(3). https://doi.org/10.5281/zenodo.13992370