Pengaruh Kecerdasan Buatan terhadap Penyelesaian Tugas Mata Kuliah Bahasa Isyarat Mahasiswa Disabilitas Daksa di Universitas PGRI Argopuro Jember

Main Article Content

Abdul Chalim
Lailil Aflahkul Yaum
Nostalgianti Citra Prystiananta
Inna Hamida Zusfindhana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan kecerdasan buatan (AI) berdampak pada kemampuan siswa dengan disabilitas daksa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dalam mata kuliah Bahasa Isyarat di Universitas PGRI Argopuro Jember. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan dirancang sebagai eksperimen semu (quasi-experimental). Ini dilakukan dengan menggunakan model satu grup pretest-posttest. Enam siswa daksa pengguna Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) adalah subjek penelitian. Hasil pretest menunjukkan skor rata-rata 13,11, sementara hasil posttest menunjukkan peningkatan signifikan menjadi 23,42, yang menunjukkan peningkatan besar dalam struktur isi, ketepatan bahasa isyarat, ekspresi visual, dan kemandirian teknologi. Penelitian ini menemukan bahwa penggunaan AI meningkatkan kemampuan akademik siswa disabilitas daksa, terutama dalam hal pembelajaran berbasis visual seperti Bahasa Isyarat. Namun, AI hanya harus digunakan sebagai alat bantu, bukan pengganti proses berpikir dan kreativitas siswa. Penelitian ini mendorong pembentukan lingkungan pembelajaran berbasis teknologi yang inklusif di perguruan tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Chalim, A., Yaum, L. A., Prystiananta, N. C., & Zusfindhana, I. H. (2025). Pengaruh Kecerdasan Buatan terhadap Penyelesaian Tugas Mata Kuliah Bahasa Isyarat Mahasiswa Disabilitas Daksa di Universitas PGRI Argopuro Jember . J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 881–887. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.9940
Section
Articles

References

Aminah, S., & Rifai, A. (2022). Potret Desa Inklusif: Pembelajaran Teori dan Terapan. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Berliana, C. (2023). Perancangan Pusat Rehabilitasi dan Terapi Anak Berkebutuhan Khusus di Banda Aceh. UIN Ar-Raniry.

Campbell, D.T., & Stanley, J.C. (1963). Experimental and Quasi-Experimental Designs for Research. Houghton Mifflin Company.

Hidayat, R. A., & Yusdani, M. A. (2022). Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas di UII sebagai Kampus Rahmatan Lil ‘Alamin. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.

Juniara, Y. (2021). Penggunaan Media dalam Peningkatan Keterampilan Anak Berkebutuhan Khusus di SDLB Aceh Tengah. UIN Ar-Raniry.

Kurniati, K., Haq, A. M., & Marilang, M. (2024). Transformasi Digital Perbankan Syariah untuk Penyandang Disabilitas. Jurnal Ekonomi Syariah (J-ESA), 6(1), 66–78.

Linda, R. (2021). Relasi Islam dan Disabilitas (Studi Terhadap Akses Ruang Publik). Skripsi. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Luhtitianti, U. A. (2022). Teknologi dan Masyarakat: Perspektif Makro Sosiologi Ibn Khaldun. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Lutfio, M. I., Fadlillah, R., & Supriyadi, E. (2023). Penggunaan Teknologi sebagai Media Pembelajaran pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan, 4(1), 28–36. Universitas Veteran Bantara.

Mardhatillah, Q. (2021). Anak Muda dan Disabilitas: Peran Organisasi Young Voice dalam Advokasi Penyandang Disabilitas di Banda Aceh. Skripsi. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Martini, M. K. (2022). Bimbingan Vokasional untuk Penyandang Disabilitas Rungu. UIN Walisongo.

Nurhan, F. (2023). Implementasi Kesempatan Kerja Penyandang Disabilitas di Kawasan Wisata Bromo Tengger Semeru. Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Rahim, H., & Rosyada, D. (2021). Visual Thinking Mahasiswa Tunarungu dalam Pembelajaran Agama Islam pada Kelas Inklusi. Tesis. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sani, F. (2023). Peran Yayasan Pendidikan Luar Biasa dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mahasiswa Disabilitas. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sukardi. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Warahmah, S. M., & Epandi, P. R. (2021). Upaya Pasangan Tuna Daksa dalam Mewujudkan Keluarga Inklusif (Studi Kasus di Kota Palembang). Skripsi. UIN Raden Fatah Palembang.

Zaenab, N. (2022). Urgensi Filsafat Eksistensialisme dalam Pembangunan Soft Skill Penyandang Disabilitas. UIN Walisongo.