Strategi Public Relations KG Media Untuk Meningkatkan Brand Awareness Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) 11 KompasTv

Main Article Content

Nazwa Rivie Azahra
Hudi Santoso

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan Public Relations (PR) KG Media dalam meningkatkan brand awareness program Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) 11 KompasTV . Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mendeskripsikan strategi PR KG Media serta tantangan komunikasi yang dihadapi dalam membangun kesadaran merek SUCI 11. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara semi-terstruktur, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa divisi PR KG Media memanfaatkan konten kreatif di platform digital, khususnya Instagram, konsisten menggunakan tagline "Rumah Komika" di berbagai acara maupun pemberitaan . Penguatan komunitas stand-up comedy sebagai target audiens utama dan penyelenggaraan kegiatan off-air seperti SUCI Playground menjadi strategi kunci serta kolaborasi strategis dengan media partner untuk memperkuat brand awareness SUCI. Tantangan utama terletak pada lambatnya respons media partner, pergantian personel PIC, dan sulitnya mengakses media partner baru, yang diatasi melalui pendekatan personal dan penyusunan PKS yang fleksibel. Penelitian menyimpulkan bahwa keberhasilan strategi PR KG Media terletak pada kemampuannya mengimplementasikan fungsi manajemen PR secara menyeluruh dengan memadukan elemen media relations, komunikasi digital, dan keterlibatan komunitas. Penelitian menyimpulkan bahwa strategi komunikasi digital yang inovatif dan kolaborasi efektif dengan pemangku kepentingan sangat penting untuk mempertahankan dan meningkatkan brand awareness di tengah persaingan media yang ketat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Azahra, N. R., & Santoso, H. (2025). Strategi Public Relations KG Media Untuk Meningkatkan Brand Awareness Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) 11 KompasTv. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 859–873. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.9947
Section
Articles

References

Arinta, Y . N., Nabila, R., Al Umar, A. U. A., Alviani, A. W., & Inawati, Y . (2020). Eksistensi

Bank Wakaf Mikro Dan Implikasinya Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Dalam

Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 372-378.

Afkarina, N. I.( 2018). Strategi Komunikasi Humas dalam Membentuk Public Opinion Lembaga

Pendidikan. Jurnal Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 50–63.

Ampangallo, N. Y ., & Dewi, L. D. R. (2020). Strategi Public Relations Dalam Membangun

Brand Awareness Fourhoms Design. PANTAREI, 4(01). Ardani, N. K. S., & Mahyuni, L.

P. (2020). Penerapan corporate social responsibility (CSR) dan manfaatnya bagi

perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(1), 12-23.

Basrowi, & Suwandi. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Dense, A., & Hadi, A. S. P. (2022). STRATEGI PUBLIC RELATIONS CHIKI TWISTâ€

DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu

Komunikasi, 6(2), 63-72.

Durianto, D., Sugiarto., dan T. Sitinjak. 2017. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas

dan Perilaku Merek. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Farisa, D. R. (2023). pengaruh kampanye public relations #segartanpakhawatirdi instagram

terhadap brand awareness esteh indonesia. jurnal ilmiah universitas batanghari jambi ,

Heryana N, Pranoto WA, Syahrial M, Nuraeni, Deni A, Utsalina DS, Hartanto, Durya NPMA,

Mujiyono A. (2023). Tantangan dan Peluang Kepemimpinan Digital. Batam: Cendikia

Mulia Mandiri.

Hia, N., Sihombing, M. U. S., & Simamora, N. (2020). Strategi komunikasi Public Relations

dalam komunikasi organisasi. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU

SOSIAL (TEKESNOS), 2(2), 138-144.

Jefkins, F. (2018). Public Relations (D. Yadin, Ed.; 5th ed., pp. 1–440). Penerbit Airlangga

Kairupan, D. J. I., & Yovanda, O. A. (2021). Pengaruh Public Relation, Advertising, Dan Word

of Mouth Terhadap Brand Awareness Produk Umkm: Studi Kasus Pada Toko X Cake and

Bakery. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(1), 1-12.

Laviva. N. (2021). Strategi Humas dalam Membangun Citra Madrasah Diniyah Al-Azhar di Desa

Mayong Kidul. http://repository.iainkudus.ac.id/6658/

Mani, L., & Anggita, S. (2021, March). Public Relations Activity to Shape Brand Awareness of

Lounge and Bar in Jakarta. In 2nd Southeast Asian Academic Forum On Sustainable

Development (Sea-Afsid 2018) (pp. 152-156). Atlantis Press.

Meita Sekar Sari, dan Muhammad Zefri .(2019). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, dan

Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap

Kualitas Pengelola Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura. Jurnal

Ekonomi, V olume 21 Nomor 3,

Nastiti, N. A., & Supranata, I. K. G. (2020). Strategy marketing Public Relations Glad Coffee

dalam meningkatkan brand awareness. PANTAREI, 4(02).

Puspitasari, D., & Danaya, B. P. (2022). Pentingnya peranan komunikasi dalam organisasi: lisan,

non verbal, dan tertulis (literature review manajemen). Jurnal Ekonomi Manajemen

Sistem Informasi, 3(3), 257-268.

Putri, E. G. (2023). strategi public relations lembaga amil zakat al ihsan jawa tengah (lazis jateng)

dalam meningkatkan brand awareness.

Rahma, S. (2022). Strategi Humas Dalam Mempertahankan Reputasi PT Semen Tonasa Di

Kabupaten Pangkajene Dan Melalui Program Kepulauan Corporste Social Responsibility

(CSR) (Issue 8.5.2017). Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ramadhani, A. A., Sitasi, C., & Alicia, A. R. (2022). Analisis Pengaruh Brand